Kamis, 10 Maret 2016

Subhanallah..Betapa Mulianya Keutamaan Bagi Manusia Yang Meluangkan Waktu Menjenguk Sesamanya Yang Sedang Sakit...Berikut Penjelasannya

Nyatanya amalan itu yaitu menjenguk orang yang sakit. Tindakan ini berkesan simpel, manusia menyisikan sedikit waktunya untuk melhat saudara atau kerabatnya yang tengah sakit. Tetapi, nyatanya hal semacam ini mempunyai keutamaan yang begitu besar. Sejumlah 70 ribu malaikat akan mendoakan kebaikannya dan beristigfar serta memohon ampun untuk manusia tersebut . 
Tindakan menjenguk orang sakit ini adalah satu diantara bentuk ksaih sayang pada sesaman manusia. Hal semacam ini akan berdampak baik pada psikologis orang yang menderita sakit. Hingga akan menumbuhkan sikap optimis orang yang sakit serta akan berdampak pada kesembuhan mereka. 
“Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim yang lain di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai pagi, serta baginya satu kebun di surga. ” (HR. Al-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi).

Siapa jenguk orang sakit pada pagi hari, duduk disebelahnya menghiburnya, mendoakan kesembuhan untuk dia, jadi 70 ribu malaikat memohon ampunan untuknya hingga tiba waktu sore. Amalan ringan namun mempunyai keutamaan yang begitu besar. Ini lantaran orang tadi menunjukkan karakter rahmat (kasih sayang) pada sesamanya hingga Allah juga limpahkan rahmat-Nya kepadanya. 

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Siapa yang mejenguk orang sakit, ia selalu dalam naungan rahmat hingga duduk. Jadi jika ia duduk, ia terbenam ke dalamnya. ” (HR. Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah, no. 2504) 

Karakter mulia ini masuk dalam keumuman sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam 
“Orang-orang yang penyayang pasti akan disayangi juga oleh ar-Rahman (Allah). Jadi sayangilah masyarakat bumi pasti penghuni langit juga akan menyayangi kalian. ” (HR. Ahmad) 
Doa serta istigfar dari malaikat ini adalah kasih sayang mereka pada manusia. Istighfar beberapa malaikat lebih kuat dikabulkan lantaran mereka mendoakan dari tempat yg tidak diliat serta tak di ketahui manusia yang didoakannya. Serta doa semaca ini, dalam hadits shahih, lebih kuat dikabulkan. Ini tak lain, lantaran malaikat lihat dosa-dosa yang dikerjakan manusia serta mereka juga paham dampak tidak baik akibat dari dosa-dosa itu. 

Hingga istighfar untuk kaum mukminin yang lebih dulu mereka lakukan, lalu doa-doa kebaikan untuk mereka. 
Hal semacam ini pasti tidak sama dengan manusia, yang jarang mendoakan sesamanya, bahkan juga doa yang terlontar kadang-kadang justru beberapa hal buruk yang ditujukan pada sesaman manusia. 

Bahkan juga, kadang-kadang, ada orang yang tega mendoakan keburukan pada dirinya, istrinya, anaknya, dan hartanya



CAR,HOME DESIGN,HEALTH, LIFEINSURANCE,TAXES,INVESTING,BONDS,ONLINETRADING,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa pembuatan situs web blog murah banget

Masya Allah, Ini Manfaat Luar Biasa Berpegangan Tangan bagi Suami-Istri

Jika Anda salah satu orang yang berpikir bahwa memegang tangan adalah sesuatu yang sangat sederhana dan tak berarti, rutinitas yang membos...

Jasa pembuatan situs web blog murah banget